Supported by :   

Senin, 02 Maret 2009

OpenDNS : SMART MENGGUNAKAN DYNAMIC IP ADDRESS

Postingan saya kali ini erat hubungannya dengan postingan saya sebelumnya tentang mempercepat koneksi Smart dengan OpenDNS. Postingan ini juga merupakan tindak lanjut dari beberapa email yang masuk ke inbox saya dan juga di kotak komentar yang diantaranya menanyakan IP address Smart yang mereka gunakan sering berubah2 sehingga apakah setiap kali IP address kita berubah, kita harus registrasi ulang IP kita. Ada pertanyaan di email yang juga menanyakan mengapa ketika ia registrasi IP address Smart-nya ternyata dalam network OpenDNS terdeteksi jika IP address yang ia gunakan telah terdaftar dalam network OpenDNS. Padahal ia baru pertamakali melakukan registrasi di OpenDNS. Bagaimana mungkin semua itu bisa terjadi?

Memang Smart menggunakan sistem Dynamic IP Address dalam sistem Internet Protocolnya. Dimana IP addressnya selalu berubah2 secara acak. Kasus ini juga mungkin terjadi pada IP address operator lain selain Smart. Hal inilah yang mungkin membuat para pembaca yang secara seksama selalu memperhatikan IP address network yang mereka gunakan (IP address Smart) menjadi bingung. Kasus yang menimpa salah seorang pembaca yang ketika registrasi IP addressnya telah terdaftar di OpenDNS padahal ia belum pernah melakukan registrasi sebelumnya adalah merupakan kasus tukar guling IP address antar pengguna Smart. Dimana pengguna Smart yang telah terdaftar dengan IP address x kemudian disisi lain ada pengguna Smart lain yang IP addressnya berubah ke IP address x tersebut. Sehingga tentu saja IP addressnya juga terdeteksi dan telah terdaftar di network OpenDNS karena telah didaftarkan oleh pengguna IP address x sebelumnya.
Kasus2 seperti inilah yang membuat banyak pembaca mungkin bertanya2 bagaimana solusi untuk memecahkan kasus IP address Smart yang sering berubah2 tersebut (Dynamic IP address). Kasus ini dapat terselesaikan jika anda merubah settingan di OpenDNS terhadap IP address kita menjadi mode dynamic IP address update dan kemudian instal software updater dari OpenDNS yang setelah terinstal akan secara otomatis mengupdate IP address kita meskipun IP address kita berubah2. Langkah pertama yang akan kita lakukan adalah masuk ke akun OpenDNS dan jangan lupa parameter DNS modem kita harus diset ke parameter DNS OpenDNS, jika anda belum jelas silahkan baca kembali postingan tentang mempercepat koneksi Smart dengan OpenDNS. Kemudian pastikan IP address anda telah terdaftar ke network OpenDNS, caranya juga telah saya jelaskan di postingan saya sebelumnya. Jika telah terdaftar, kemudian masuk ke menu Setting - Advanced Settings - centang enable dynamic IP update kemudian pilih Save. Setelah berhasil, download OpenDNS updater disini.
Setelah software OpenDNS updater telah terdownload, kemudian lakukan instalasi software tersebut. Setelah terinstal, jalankan aplikasi OpenDNS updater di menu All Program atau pindahkan aplikasi tersebut ke desktop sehingga mudah dijalankan. Maka ikon OpenDNS updater pun akan muncul di taskbar bagian kanan bawah. Meski OpenDNS tersebut diset ke Enable autostart, program tersebut tidak akan aktif dengan sendirinya setelah komputer direstart. Hingga perlu dijalankan secara manual. Langkah pertama yang kita lakukan adalah menyeting akun OpenDNS kita. Klik kanan ikon OpenDNS di taskbar bagian kanan bawah tersebut, kemudian pilih Change Account. Dan masukkan username dan password OpenDNS anda kemudian klik OK. Aktifkan modem Smart anda dan lakukan proses koneksi data (dial). Setelah konek, maka icon OpenDNS updater tersebut akan memunculkan alert. Ada dua macam alert yang dimunculkan. Jika alert mengindikasikan Sukses, maka IP address anda berhasil di update oleh OpenDNS updater. Cek update IP address dengan cara klik kanan ikon OpenDNS di taskbar bagian kanan bawah tersebut, kemudian pilih IP updates, maka akan muncul popup seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.


Namun jika alert mengindikasikan Error, jangan panik dulu, berarti IP address anda pada saat itu adalah IP address pada saat anda mendaftar IP address di network OpenDNS. Jika hal ini terjadi maka cek update IP address dengan cara klik kanan ikon OpenDNS di taskbar bagian kanan bawah tersebut, kemudian pilih IP updates, maka akan muncul popup seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.


OpenDNS tidak hanya digunakan pada Smart saja, sehingga bagi anda pengguna ISP lain juga dapat memanfaatkan DNS sever gratisan ini. Dengan catatan jaringan internet anda harus dalam keadaan waras (normal) dan minimal harus dalam kondisi setengah waras (agak lambat). Namun jika koneksi benar2 tidak waras (super lemot) maka setingan DNS dari OpenDNS tersebut juga benar2 tidak ada gunanya. Semoga postingan saya ini dapat menjawab rasa penasaran banyak pembaca blog Tempat Mangkal gratisanboy ini yang benar2 ingin memanfaatkan fasilitas gratisan untuk mempercepat koneksi datanya. SELAGI ADA YANG GRATIS, BUAT APA BAYAR.

NB: SILAHKAN BACA UPDATE TERBARU TENTANG OPENDNS DISINI



72 komentar:

  1. Aku sudah coba yang sesuai posting sebelumnya, Bro. Tapi ada sedikit kendala, yahoo mail aku ga bisa dibuka. Open DNS bilang error, trus aku buang settingan yang di propertis itu dan akhirnya mail bisa dibuka kembali. Kenapa, ya?
    Sampe sekarang belum coba lagi ne!

    BalasHapus
  2. @rco:
    Punyaku lancar2 aja tu bro.. Mungkin pas jaringannya kurang waras kali.. Dicoba lagi aja dech pake tutorialku diatas, OK.. Kalo ada kendala jangan sungkan2 tanya ya bro.. Thx..

    BalasHapus
  3. OK OK.... Tapi btw, mau lihat fotoku gak, gratis!

    BalasHapus
  4. maksudku kalo bukan domain co.cc dari blogger mas gboy... aku lagi coba hosting sendiri... aku dah daftar di co.cc tapi susah nyetting domainnya. aku hosting di 2ip nama domainku kompiku.indo.cc mau kurubah jadi kompiku.co.cc gimana?

    BalasHapus
  5. @all:
    Ada yang bisa bantu slam?

    BalasHapus
  6. duh teknologi... ampun boss......... nyerah deh diriku

    BalasHapus
  7. @suwung:
    Penyakit gapteke Om wung gak nular kan?.. Wah, medeni kalo nular.. hi..hi..hi..

    BalasHapus
  8. Pengguna Smart pasti senang denagn tips dan triknya ini !!!!!

    BalasHapus
  9. @nelson kaligis:
    Moga aja bisa membantu yach..

    BalasHapus
  10. wah kemarenaku dah coba bang waktu Ip terus pindah2 setelah aku download aku instal terus eror internetnya.apa dns nya di hapus dulu pas awalnya..??

    BalasHapus
  11. @toms:
    DSN nya gak usah dihapus, kemungkinan pada saat itu jaringannya lagi gak beres..
    Tapi jika jika alert pada ikon OpenDNS updater di toolbar mengindikasikan Error, berarti IP address anda pada saat itu adalah IP address pada saat anda mendaftar IP address di network OpenDNS..

    BalasHapus
  12. pusing deh kpalaku liatnya...

    lama tak jumpa boz...

    BalasHapus
  13. wich...3x wong langsung sama orangnya wae kadang2 masih perlu dituntun pelan2 aku, apalagi lewat instruksi tertulis tambah puyenk aku boss.@#$%&!..........

    BalasHapus
  14. Salam Kenal mas....

    Saya juga mengalami permasalahan yang sama dengan komentar diatas,yaitu pada saat mendaftar pada opendns.com ternyata IP adress Smart saya sudah didaftarkan.Parahnya...IP adress berubah sampai 3 kali.

    Trus saya coba juga untuk masuk ke dashboard, trus menyetingnya disana,tetapi sekali lagi saya masuk ke chanell/networks.

    Bagaimana bisa untuk praktekin tutorial mas GB diatas kalau saya gak bisa add channel karena semua sudah didaftarkan ke-tiga2-nya??.Maksud saya seperti tulisan mas GB yang masuk ke menu Setting - Advanced Settings - centang enable dynamic IP update kemudian pilih Save...jika saya tidak menemukan opsi seperti itu dan kembali terlempar ke dashboard->network yang tidak bisa saya daftarkan karena sudah terdaftar semua.

    Trimakasih atas balasannya:)

    BalasHapus
  15. Oh ya mas...saya juga menginstall opendns updater dan juga ketemu tulisan eror,tapi ketika saya klik kanan...muncul tulisan kalau IP saya No host..,bagaimana Mas???

    BalasHapus
  16. @anggi & anonim:
    Just relax aja, pasti gampang pahaminya..

    @gustidana 1:
    Kalo sudah terdaftar kan anda tinggal setting dynamic IP update aja, asal anda sudah bener masuk ke akun anda, pasti ada dech menu dynamic IP update yang terletak di sebelah kiri halaman.. Good Luck!
    @gustidana 2:
    Dibiarin aja, coba cek dengan klik kanan ikon IP updater dan kemudian klik IP updates.. Dan pada popup tersebut mengindikasikan IP anda adalah IP yang tidak perlu diupdate karena merupakan IP yang sudah terdaftar pada network akun anda..

    BalasHapus
  17. Gimana kalau IP public-nya sudah didaftarkan oleh orang lain?

    Ada solusi?

    BalasHapus
  18. @mamas:
    kalo memang pas di add network ternyata sudah terdaftar, anda tinggal setting dynamic IP update..

    BalasHapus
  19. slm kenal mas,
    kasus saya sama spti mas gustidana saya bingung nyari dimana Advanced Settings - centang enable dynamic IP update kemudian pilih Save... pdhal saya sudah buka setting tp malah disuruh add network gmna mas?

    BalasHapus
  20. sama, saya jg punya problem sama...waktu mau add network, jadinya malah network already exist, tp waktu pertama sign in, tulisannya you dont have any network...klo bener uda kepake, tp koq g nemu setingan dynamic IP nya...slaen itu g bisa update, tulisannya no host...


    bingung nie, mohon pencerahan, awam bgt...heheheh...thx

    BalasHapus
  21. sama, saya jg punya problem sama...waktu mau add network, jadinya malah network already exist, tp waktu pertama sign in, tulisannya you dont have any network...klo bener uda kepake, tp koq g nemu setingan dynamic IP nya...slaen itu g bisa update, tulisannya no host...


    bingung nie, mohon pencerahan, awam bgt...heheheh...thx


    -neo-

    BalasHapus
  22. @black & anonim:
    Ditunggu postingan saya berikutnya yach.. akan saya bahas lebih detail lagi supaya problem tersebut tidak terjadi pada temen2.. thx..

    BalasHapus
  23. sama bro, aku juga gtu. aku dah pasrah deh. aku udah coba 10 ip malah. ini dia ip yang sempet tak pake :
    202.70.55.174
    202.70.55.164 - ip pas daftar opendns
    202.70.55.170
    202.70.55.160
    202.70.55.173
    202.70.55.168
    202.70.55.169
    202.70.55.162
    202.70.55.166
    202.70.55.165

    ne aku lagi coba kirim pesen ke admin OpenDNS kali aja ada solusi. masalahnya untuk melakukan trik yang dinamyc IPnya mas boy itu kita kudu add a network dulu (doh)

    btw, untuk sementara coba aja pake ini dulu http://nawala.org. Itu OpenDNS made in Indonesia, yang buat orang2 AWARI.

    -- aku repost di sini juga ya bro komennya :D

    BalasHapus
  24. @camagenta:
    Thx tambahan infonya bro.. moga berguna bagi teman2 yang lain..

    BalasHapus
  25. huah...binun bro....mau murah tapi malah lemut n ribet.......


    ada cara yang lebih gampang...?

    BalasHapus
  26. bingung bos, namanya juga koneksi gratisan yaa kudu sabar aja nunngu loading,,, hahahaha

    walaupun dah pake modem boster, modem speed bost, dll hasilnya di solo sama saja..........

    yang penting bsa internetan dirumah lah, daripada ke warnet bayar..
    hihiiiiiiiii

    BalasHapus
  27. Mas mo tanya nih, selain pake smart kadang aku juga pake IM2 nya Indosat.
    Kalo setting IM2 nya Indosat di Ubuntu 10 bisa gak?, gimana caranya. Sbb aku mo ganti OS ke Ubuntu kayaknya lebih stabil, deh buat laptop.
    Thanks yang mo bantu!!!
    Thanks mas Boy!!!

    BalasHapus
  28. @dideadblok:
    Nggak susah2 amat koq bro.. cobain aja..

    @ijolumoet:
    OK bro..

    @Anonim:
    Silahkan baca postingan saya yang berjudul SETTING MODEM DI UBUNTU 8.10 atau langsung saja meluncur ke http://www.gratisanboy.co.cc/2009/01/setting-modem-di-ubuntu-810.html
    Good luck bro..

    BalasHapus
  29. mas...add networknya bener2 butu ksabaran dan tawakal.....wihhh susah..aku masi cobak terus iki mas...doakan saya mas,hehehe...oh ya,,kan pake opendns banyak kelebihannya,lha trus kekurangannya apa mas...???matur nuwun....
    kaka

    BalasHapus
  30. slam knal
    aq 3ru
    aq da coba setting dns nya tapilum da prubahn.
    mohon nasehatnya

    BalasHapus
  31. @hiruma:
    Maksudnya gak ada perubahan apanya mas? kecepatannya ato apanya?

    BalasHapus
  32. @kaka:
    Mungkin ada kekurangannya tapi bagi saya, selama ini saya belum menemukan kekurangannya..

    BalasHapus
  33. Mas,numpang nanya, ne Q tiap kali mo danlot di 4shared kok mesti da tulisan warning gene
    " You are already downloading a file from IP-address 202.70.55.160. To download another file you have to wait until current download process is finished.
    In case you are not downloading anything and got this message, then you are using a proxy-server or a shared IP-address.
    With Premium account you can download many files at the same time even if the proxy-server is used. Get your Premium account right now to download instantly."
    Tu gimana biar Q bisa danlot file lg dr 4shared??
    Jawab ya mas.. Makasih bwgt sebelumnya

    BalasHapus
  34. o ya, kalo gak keberatan bles komennya di BlogQ juga ya mas..
    Makasih

    BalasHapus
  35. @makeurmove:
    Kasus yang demikian karena pada saat yang bersamaan, IP address yang anda miliki sama dengan IP address seseorang yang sama2 mendownload file yang anda download.. Dan orang tersebut masih dalam proses download.. Sehingga cara yang efektif untuk mengatasi hal tersebut adalah disconnect koneksi anda kemudian connect kembali (untuk medapatkan IP address baru, karena Smart menggunakan dynamic IP address) kemudian ulangi download anda.. atau cara yang kedua adalah tanpa disconnect koneksi, tapi anda download file lain (file yang anda cari seperti yang anda download pada saat gagal) dalam urutan pilihan di 4shared tersebut..

    BalasHapus
  36. Makasih mas jawabannya, cepet bgt y balesnya..
    Udah tak coba buat disconnect trus tak connect lagi, tapi tetep gak bisa..
    O y catatan, ne kasus bukan yg pertama kalinya mas, ne dah berkali2 kejadian mulai dari sebulan yg lalu, tiap kali mo danlot d4shared, mesti gitu kejadiannya..
    Cara kedua pun sama, bring no effect, wes tak coba tapi gak ngefek tuh..
    Aduuuhh..gimana ya mas?? Butuh ambil tugas d4shared..cz bahannya banyakan dr tu situs..
    Heeeellllllppppp lagi mas...

    Makasih bantuannya sekali lagi..

    BalasHapus
  37. @makeurmove:
    Dicoba pantang menyerah mbak, pasti bisa.. gak semua file di 4shared gitu koq.. Kasus seperti anda menurut pengalaman saya hanya dapat diatasi menggunakan cara tersebut diatas, meski harus putus sambung sampe 5-8 kali, pasti bisa.. Aku juga sering gitu.. bahkan tadi tadi siang aku nemui file yang kaya gitu (3 file download), tapi semuanya akhirnya berhasil tak download semua.. Pokonya pantang menyerah OK?

    BalasHapus
  38. masalah saya sama setiap IP yg saya Add already exist teruz pusing eauy

    BalasHapus
  39. @Nank Web Blog:
    Selamat berjuang, jangan patah semangat.. Good Luck..!

    BalasHapus
  40. bos, kapan dibahas mengenai dynamic ip yang ga muncul2??

    BalasHapus
  41. @phadez:
    Saya masih nunggu jawaban dari OpenDNS bro.. Tolong ditunggu saja.. Thx..

    BalasHapus
  42. bos, tanya ni.. kalau masalah ip ini masuk ke click fraud untuk adsense?

    BalasHapus
  43. @Anonim:
    Untuk masalah itu saya menganjurkan untuk tidak melakukan click fraud adsense anda, bisa2 akun adsense anda akan kena blacklist dan terblokir..karena semakin hari sistem yang diterapkan oleh biro2 iklan semacam adsense makin canggih saja..

    BalasHapus
  44. Saya juga mengalami permasalahan yang sama yaitu pada saat mendaftar pada opendns ternyata IP address Smart saya sudah didaftarkan. Dah di coba IP adress berubah sampai 42 kali tetep ga bisa. Tolong bantuannya.

    BalasHapus
  45. gak bisa bro. lha wong mo masuk ke setting network aja harus daftar ip dulu, lha kan smart ipnya ganti2 melulu dan pastinya yang pake cara ini dah banyak orang, jadi yang baru mulai mo pakai cara ini dah gak kebagian jatah. piye jal?

    BalasHapus
  46. @Anonim #1 & #2:
    Silahkan baca postingan baru tentang OpenDNS disini http://www.gratisanboy.co.cc/2009/06/opendns-balasan-opendns-tentang-add.html

    BalasHapus
  47. @Anonim #1 & #2:
    Silahkan baca postingan baru tentang OpenDNS disini http://www.gratisanboy.co.cc/2009/06/opendns-balasan-opendns-tentang-add.html

    Terima Kasih atas jawabannya!
    Ternyata add network hanya untuk mendapatkan fitur2 lengkap!
    Masalah mempercepat cukup menyetting parameter.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  48. wah saia newbie nh..mksh banyak atas infonya..boleh tanya nih???
    cara kerja ato fungsi dari opendns itu tuh bwt apa sh??..thanks berat..salam kenal..Ian.

    BalasHapus
  49. @Java:
    OK bro, sama2..

    @Ian:
    Cara kerja OpenDNS, pemahaman mudahnya gini..jika anda tidak menggunakan OpenDNS maka anda akan mengunduh langsung halaman web yang anda tuju dan semakin besar halaman web yang anda akses, maka akan semakin lambat kinerja koneksi internet anda..
    Jika anda menggunakan OpenDNS, halaman web yang anda akses secara spontan akan di unduh oleh OpenDNS, dan anda tinggal mengunduh halaman web dari OpenDNS, bukan dari server halaman web yang dituju..

    BalasHapus
  50. thanks for infona.

    BalasHapus
  51. emang betul kata si bos, jangan menyerah!!!!! akhirnya bisa juga!!!! advanced setting pun bisa di buka!!! MERDEKA !!!!! makasi Bos

    BalasHapus
  52. @Anonim:
    Selamat bung..MERDEKA..!!!

    BalasHapus
  53. nase salam kenal..
    bisa kasih hasil kecepatane g..
    brp kbps gitu..
    cz ni q lagi suka download file gede ni..?

    BalasHapus
  54. @andrey:
    Untuk download dalam kondisi normal, menggunakan Smart didaerah saya (Demak, Jateng) kecepatan yang diperoleh berbeda2 tergantung waktu ketika mendownload..
    Pada jam 00.00 s/d 9 pagi biasanya diperoleh antara 8 s/d 16 KBps
    Siang hari (9.00 - 14.00) biasanya diperoleh antara 4 s/d 8 KBps
    Sore 14.00 - 18.00 biasanya diperoleh 6 s/d 12 KBps
    Sedangakan malam hari tidak dapat dipastikan kecepatannya, kadang bisa cepet kadang bener2 lambat..
    Ctt: Kondisi diatas diperoleh berdasarkan pengalaman saya dan didaerah Demak dengan catatan download pada saat koneksi lancar dan stabil..Semoga bisa membantu..Thx..

    BalasHapus
  55. Tambahan info, untuk file2 besar (50 MB keatas) biasanya download saya lakukan pada malam hari (jam 11 keatas) karena tingkat keberhasilannya semakin tinggi..

    BalasHapus
  56. om aku kebingungan nih gmna caranya daftar di opendns kok di tolak kasih tau yg detail om masalhnya cari di om gogle puyeng banget ,caranya agar gampang,nih kebetulan ku paki smart d1200 mohon bantuannya klu bisa di posting om

    BalasHapus
  57. @derryu:
    Coba baca disini
    http://www.gratisanboy.co.cc/2009/06/opendns-balasan-opendns-tentang-add.html
    Good Luck..!

    BalasHapus
  58. saya daftar di semua ptc gak bisa ada bacaan ip is already axist...pusing sya...mau bisnis malah anyis...bisa ga menyembunyikan ip address pake hide ip terus daftar lagi ke ptc......??????

    BalasHapus
  59. @egie:
    Solusinya adalah ketika mendaftar, untuk sementara waktu anda menggunakan ISP dari operator lain..setelah proses pendaftaran berhasil, untuk akses berikutnya anda bisa menggunakan ISP Smart telecom lagi..

    BalasHapus
  60. sama dengan RCO saya juga begitu ga bisa bisa klo pake setting dns, mesti di ubah ke awal lagi, baru bisa, gmn dunk?

    BalasHapus
  61. @yory:
    Silahkan baca disini http://www.gratisanboy.co.cc/2009/06/opendns-balasan-opendns-tentang-add.html

    BalasHapus
  62. yang udah nyoba, hasilnya gmn?
    bs secepet isp laen ga?

    BalasHapus
  63. ane uda terdaftar n mw enable dynamic IP tapi kok gda menu advance setting ya???

    BalasHapus
  64. untuk gratisanboy,infonya bagus banget.. makasih yaa..
    tapi ip address saya telah terdaftar sblmnya, dan saat mau enable dynamic IP ga nemu pilihan "advance setting".
    -krisna-

    BalasHapus
  65. Thx bgt ats infony...

    BalasHapus
  66. @riza: Untuk saya pribadi, memang hasilnya lumayan untuk menambah speed koneksi..

    @ciz & Krisna: Silahkan baca disini http://www.gratisanboy.co.cc/2009/06/opendns-balasan-opendns-tentang-add.html

    @afriex: OK, sama2 mas..

    BalasHapus
  67. betul ip addressny gk bs di add network....pdhl da cb cara2 mas diatas.......tp tuk dftarny da sukses...bagaimana mas apakah pny saya da berhasil mempercepat koneksi klo cm da dftr openDns Doank apakah msh lemot klo lom add ip address.....tp mksh mas atas tipsny.......xoxoxoooxoxo

    BalasHapus
  68. mas saya sudah bisa add network tapi yang jadi kendala malahan waktu pgn konfigurasi OpenDNSnya mas...gimana ya?
    saya pake modem smart yang axxestel...



    tolong dijawab lewat email saya ya mas di :
    roborobocop42@yahoo.com

    silakan mampir ke website saya donk mas ada lagu gratisannya juga nih hehehe....

    http://www.eficaz.weebly.com

    makasih banyak yah mas..

    BalasHapus
  69. advanced settingnya mana?????????

    BalasHapus
  70. pusing bos...gua udah ngakalin tapi tetep aja ngga bisa... emang Smart Mendem agak ngeBT'in user

    BalasHapus
  71. Sip ... aku coba dulu, biar lancar. Thx infonya

    BalasHapus

gratisanboy mempersilahkan pengunjung menulis komentarnya. Bagi pengunjung umum yang tidak mempunyai blog atau email silahkan pilih anonymous dan pada komentar disertai dengan nama anda. Thanks...