Supported by :   

Rabu, 03 Desember 2008

KIRIMAN CD GRATIS UBUNTU 8.10 TELAH TIBA


Pada hari Senin pagi tanggal 1 Desember kemarin, CD gratis ubuntu 8.10 telah sampai ke alamat saya. Pengirim CD yang berasal dari Breda, Netherlands tersebut dikirim menggunakan jasa pengiriman TNT dan diteruskan oleh PT. POS Indonesia tanpa dikenai biaya apapun alias gratis. CD tersebut saya pesan di website ubuntu setelah ubuntu terbaru versi 8.10 tersebut resmi dirilis. Setelah saya tunggu selama kurang lebih sebulan, dengan perasaan bangga saya pun akhirnya menerima kiriman CD ubuntu terbaru tersebut.

CD ubuntu 8.10 terasa sangat spesial dengan diberikannya 2 alternatif pilihan penginstalan, yaitu versi full install dan versi install inside windows. Sebenarnya niat saya semula hanyalah sekedar mempunyai CD linux dan mengoleksinya saja. Namun setelah saya baca petunjuk yang tertulis di cover CD yang memberikan alternatif install inside windows, saya pun berubah pikiran dan kemudian menginstalnya di PC saya. Karena disitu disebutkan bahwa mode install inside windows tidak memerlukan partisi hardisk yang juga dapat menghapus data yang ada pada hardisk yang akan diinstal. Mode tersebut tidak ubahnya seperti menginstal software di OS Windows. Dan kitapun dapat menguninstalnya kapan saja tanpa harus format hardisk. Karena saya termasuk newbie dalam linux dan ingin belajar yang lebih dalam tentang linux, maka saya pun memilih alternatif kedua yaitu mode install inside Windows.
Karena memang hanya ingin coba2, saya pun memilih 4 Gb storage hardisk untuk ubuntu. Sebaiknya ubuntu diletakkan di drive yang tidak ada data2 penting, karena setelah terinstal, drive yang ada folder ubuntu tidak dapat terlihat di ubuntu explorer, namun terlihat di OS Windows. Setelah semua terinstal dengan sempurna, maka setelah booting pertama kali muncul pilihan boot ubuntu disamping pihan OS Windows. PC saya pun tidak lagi dual booting, tetapi “triple” booting!!! Sebelumnya PC saya telah terisi dua versi OS Windows, yaitu Win XP Sp2 dan Win 98SE. Meski PC saya memiliki triple booting, namun performanya tidak terpengaruh setelah saya mengisinya dengan ubuntu. It runs fast like before.
Yang pertamakali saya coba adalah Mozilla FF 3.0.3 yang sudah built in di ubuntu 8.10. Saya begitu kaget setelah saya coba konek HP Moto L6 saya menggunakan kabel data ke colokan USB. Ubuntu secara otomatis menginstal modem HP tanpa menanyakan driver modem seperti yang terjadi di OS Windows bahkan yang terbaru sekalipun, Vista, tidak dapat secara otomatis menginstal modem tanpa perlu driver. Dalam prakteknya saya menggunakan kartu Axis. Setting koneksi Axis pun juga dilakukan ubuntu secara otomatis setelah disuruh menentukan asal negara dan memilih operator Axis. Setelah konek dengan mudahnya, saya pun kemudian browsing menggunakan Mozilla FF 3.0.3. Saya begitu tercengang, begitu mudah, huebat tenan!! Koneksinya pun sangat cepat.
Ketika Bluetooth dongle saya colokkan ke USB port, bluetooth pun langsung berfungsi. Namun setelah dicoba pairing dengan HP Moto L6 saya, koneksi gagal. Saya mencobanya berulang2 namun hasilnya sama. Tapi problem itu tetap menjadi PR buat saya, tetap akan saya cari penyebabnya sampai bisa. Untuk Office, masih menggunakan OpenOffice.org 2.4. Belum menyertakan yang versi terbaru, V.3.0. Agak lambat juga sih, tapi kan gratis. Image Editor GIMP pun berfungsi layaknya Adobe Photoshop. Pokoknya gratisan yang satu ini keren banget. Pemutar multimedianya pun sudah terinstal otomatis pada saat instalasi linux, namun masih harus menginstal codec tertentu melalui internet. Termasuk codec untuk membaca file mp3, mpg, avi, dvd, dll. Kalau kita ingin refreshing, mainkan saja game2 built in yang ada di ubuntu 8.10. Ada 17 game mini yang lucu2. Program2 built in terasa masih kurang? Masuk saja ke menu Add/Remove di menu Application, ada banyak sekali software2 gratis yang bisa di download lewat koneksi internet, semuanya benar2 gratis, cuma biaya koneksi internetnya saja yang bayar.
Namun menurut pengalaman saya, instalasi install inside Windows menyisakan beberapa bug, diantaranya gambar wallpaper yang bukan built in selalu hilang setelah restart. Dan jika ingin shutdown harus restart dahulu kemudian kita masuk ke OS Windows dan shutdown PC dari OS Windows saja. Menurut pengalaman saya, shutdown dari ubuntu mode install inside windows tidak bakal bisa. Meski ditinggal berjam2 tidak akan bisa shutdown. Memang jika ingin hasil maksimal seharusnya penginstalan melalui full install saja. Tapi, gratisan yang satu ini patut dicoba karena secara keseluruhan ubuntu 8.10 memang keren banget. SELAGI ADA YANG GRATIS, BUAT APA BAYAR? --- NO PHREAKING, NO HACKING, NO FRAUD.




13 komentar:

  1. salam kenal mas Aunurrofiq Manzur, aku juga suka gratisan tapi aku gak ngerti linux

    BalasHapus
  2. gratisanboy7/12/08 23:50

    Trims atas kunjungannya mas Slamet...Yang namanya gratisan ternyata banyak penggemarnya juga ya... Oh ya, saya juga newbie dalam linux lho, tapi saya belajar dan terus belajar agar bisa... Gimana mas?

    BalasHapus
  3. gratis YES
    Bayar NO
    Bajak NO

    ^_^ jangan menyerah belajar LINUX :D

    BalasHapus
  4. aku jg msh nunggu cd ubuntu nie.. bar di krm tgl 2

    BalasHapus
  5. @anonim:
    Selamat mencoba OS gratisan bro..

    BalasHapus
  6. yeah. .
    aq dah dapet cd na. .
    tp something wrong. .
    hiks. .

    BalasHapus
  7. halo semua .....ayo semangat belajar open source software.......aku dah dapat kiriman hampir 8o keping cd dari belanda www.yazidfuadi.co.cc

    BalasHapus
  8. @fauzunnisa:
    Masalahnya apa..?

    @yazid:
    OK..

    BalasHapus
  9. Salam Kenal Mas...Aku jg pengen punya CD Ubuntu,tp aku ngga tau gimana cara pesannya...Tolongin donk gimana caranya...Thanks Ella

    BalasHapus
  10. @Ella:
    Salam kenal juga mbak Ella..CD Ubuntu 9.04 (terbaru 2009) dapat diperoleh secara gratis disini https://shipit.ubuntu.com/
    have a nice experience with Linux Ubuntu 9.04..Thx..

    BalasHapus
  11. gratisanboy, ini aku ada pertanyyan? kenapa aku pas install itu yg ubuntu yg aku dpt dr buku "instalasi multi os" ubuntunya g ad pilihan install inside windows, dia langsung ke tempat pengisian pass dan id, itu g masalah kan? g bikin data hilang kan? makasih y, tolong dijawab secepatnya..oh ya ngomong2 aku anak kls 6 di jakarta, jd masih blm ngerti banyak, trims dan mohon bantuannya!

    BalasHapus
  12. @Anonim: Silahkan ikuti cara burning CD Ubuntu menggunakan langkah2 yang ditunjukkan dalam DVD Bonus (File notepad bernama Petunjuk Penting, dalam folder Ubuntu). Kira2 isinya sbb:

    Sebelum Anda melakukan instalasi OS Linux Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx, silahkan baca petunjuk penting berikut ini:

    1. File instalasi OS Linux Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx yang ada dalam DVD Bonus ini berformat *.iso.
    2. Instalasi tidak dapat dilakukan secara langsung menggunakan aplikasi image processing (ISO), dan untuk menjalankannya, file *.iso yang bernama "Ubuntu 10.04 Lucid Lynx.iso" tersebut harus di-burn pada CD Blank.
    3. Untuk melakukan burn file "Ubuntu 10.04 Lucid Lynx.iso", maka lakukan instalasi aplikasi "PowerISO47"(unregistered version) yang ada dalam folder Ubuntu pada DVD Bonus ini.


    Setelah aplikasi "PowerISO47" (unregistered version) Anda instal, silahkan ikuti langkah burning file "Ubuntu 10.04 Lucid Lynx.iso":
    Catatan: Jika pada PC/laptop hanya terdapat satu CD/DVD-RW, maka file "Ubuntu 10.04 Lucid Lynx.iso" harus Anda copy terlebih dahulu pada HDD PC/laptop Anda!

    1. Buka Aplikasi PowerISO (Start > All Programs > PowerISO > PowerISO).
    2. Klik "Continue unregistered".
    3. Klik "Burn".
    4. Masukkan CD Blank ke dalam CD/DVD-RW.
    5. Pada menu Source File, arahkan Image File ke file "Ubuntu 10.04 Lucid Lynx.iso".
    6. Klik "Burn", tunggu hingga selesai.
    7. Gunakan CD hasil burning untuk melakukan instalasi OS Linux Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx, seperti yang telah dibahas dalam buku.

    BalasHapus

gratisanboy mempersilahkan pengunjung menulis komentarnya. Bagi pengunjung umum yang tidak mempunyai blog atau email silahkan pilih anonymous dan pada komentar disertai dengan nama anda. Thanks...