Supported by :   

Selasa, 03 Februari 2009

SMART : SOLUSI INTERNET GRATIS YANG MENJENGKELKAN


Mau gratisan akses internet selama setengah tahun? Wah enak juga ya, tanpa keluar biaya sepeserpun kita tetap dapat berinternet dimanapun dan kapanpun kita mau. Cuma keluar uang 300 ribuan, kita sudah dapat berinternet selama setengah tahun plus bonus HP warna (+ kabel data) yang juga digunakan sebagai modem. Ya, Operator CDMA Smart lah jawabannya. Kita akan dikasih bonus gratisan akses data 12 GB selama setengah tahun dengan perhitungan bonus perbulan 2 GB x 6 bulan. Dengan pemakaian normal, jatah 2 GB perbulan sangatlah terasa luar biasa banyaknya. Jika dihitung perhari, jatah perhari gratisan internetnya adalah 66,66 MB. Padahal untuk sekedar browsing saja dalam kondisi normal (online perhari 3-5 jam) jatah yang kita ambil masih jauh dibawah 40 MB. Sungguh terobosan yang berani dari Smart.

Banyak calon konsumen yang tergiur dengan promosi Smart tersebut, termasuk saya. Dengan asumsi ingin berinternetan gratis dimanapun dan kapanpun kita mau, secara tidak langsung kita akan terjebak untuk membeli produk tersebut. Namun impian calon konsumen yang sedemikian tingginya pada produk gratisan tersebut pun akhirnya kandas di tengah jalan. Kalau jaringannya sedang waras sih, koneksinya lumayan cepet juga. Tapi kalau jaringannya lagi tidaka waras, wow.. sungguh menjengkelkan. Koneksi yang didapat masih lebih lambat daripada jalannya keong. Terseok2 ketika menuju halaman web yang kita tuju. Begitu mau sampai di halaman tujuan, eh.. nggak taunya muncul tulisan error di browser. Dan parahnya kondisi waras dan tidak waras Smart masih lebih banyak tidak warasnya!!!
Ada seorang kenalan yang sempat berdebat dengan saya. Kenalan yang belum pernah menggunakan Smart inipun dengan “semangat bisnisnya” yang menggebu2 berargumen bahwa para pemakai Internet Smart tidak dapat memanfaatkan peluang yang ada, padahal dari program internet gratisan Smart tersebut dapat menghasilkan uang, kata kenalan tersebut. Dengan modal 300 ribuan plus sebuah komputer, kita akan dapat mendirikan warnet, katanya lagi. What? Warnet boss?... Hua..ha..ha.. Ngimpi kamu ya. Gimana kalau pas pengunjungnya banyak, kondisi Smart lagi nggak waras? Mau kabur…? Atau pas lagi nggak waras, ada pengunjung yang datang, apa kita mau bilang, “Maaf Mas, Mbak, koneksinya lagi nggak waras.” Enak saja teorinya. Saya yang pemakai rumahan saja sering jengkel jika Smart sedang kumat dan tidak waras. Tapi untungnya do’i yang numpang ngenet dirumah pada hari Sabtu kemarin untuk mencari makalah untuk bahan skripsinya, Smart waras terus. Padahal kita ngenet dari Jam 8 pagi sampai jam 2 siang (Waduh, tahu aja ni Smart..) Padahal biasanya pada jam2 segitu super lemot. Tapi akhirnya pilihan tetap jatuh pada Axis dan Indosat (Lihat banner mereka di kanan atas blog ini). Saya tidak dibayar sepeserpun memasang banner mereka, tapi sebagai ungkapan rasa terimakasih saya pada kedua operator tersebut yang telah banyak memberi solusi kepada saya dalam hal koneksi data yang murah dan stabil. Diantara operator yang saya pakai (Axis, Indosat Mentari, dan Smart), Axislah operator yang paling stabil koneksi internetnya. Dan yang nomor dua adalah Indosat, namun kadang Indosat juga kumat tidak warasnya. Tapi lebih murah dibandingkan Axis, karena sejak akhir November 2008 Indosat telah meluncurkan Pulsa paket GPRS senilai Rp. 5.000,-. Dan dengan pulsa Rp. 5.000,- tersebut kita akan mendapat jatah waktu berinternet 250 menit. Cukup murah bukan? Untuk info lengkapnya dapat dilihat di wesite resmi Indosat.
Kembali ke masalah Smart, banyak blog yang membahas masalah gratisan Smart ini. Baik tentang setting modem, tarif gratisan, dll. Banyak dari mereka yang menyanjung2 Smart karena telah memberi gratisan berinternet. Namun kebalikan dengan saya, tidak ada sama sekali kepuasan kepada Smart selama Smart belum memperbaiki jaringan komunikasi datanya. Setelah jaringan internet Smart sudah stabil, tidak pernah error, barulah saya memberikan applause kepada Smart. Bagaimana Boss2 yang duduk dibagian direksi Smart, kira2 sanggup nggak memenuhi tuntutan salah satu konsumenmu? Suatu masukan yang positif dari saya agar Smart tetap mendapat tempat di hati para konsumennya.



70 komentar:

  1. Di rubrik surat pembaca Jawa Pos hari ini, juga ada seorang konsumen yang mengeluh komputernya jadi error gara-gara modem smart dengan harga dibawah 300ribu.
    Tapi menurut Mbah Mbelgedez, smart yang dipasang pada modem axesstel MV-140B, pada test speed sangat luar biasa.

    BalasHapus
  2. @sapimoto:
    Iya Om, kalo lagi waras sich speednya cepet banget.. Kasusnya juga terjadi pada temen2 saya.. Lha itu pas pake modem axesstel cepetnya sepanjang hari ya Om?

    BalasHapus
  3. bener banget tuh...
    temen saya juga cerita

    lam knal yah...saya tmannya anggi

    BalasHapus
  4. Saya juga coba pake SMART tapi yaaa begitulah,
    Tapi saya belum coba perdana yang diluar bundling gratisannya, mungkin ada beda?
    Apa ada yang pernah coba?
    Salam kenal.

    BalasHapus
  5. @nelson kaligis & RCO :
    Salam kenal juga.. trims sudah mampir..

    BalasHapus
  6. Kalau Axis dipake didaerah terpencil gimana? Saya pake indosat 3,5G di daerah cisauk, serpong, tangerang. Koneksinya kadang waras, kadang nggak waras, tapi seringan setengah waras alias koneksinya agak lambat.

    BalasHapus
  7. iaaa...
    kawand saia juga pake smart...
    saya sempat tergiut juga sih...
    300 ribu bisa ngened setengah tahun gratis...
    tapi setelah dia cerita, dulu emang banter tapi sekarang lambatt bener....

    BalasHapus
  8. @anonim :
    Tentang Axis untuk daerah anda saya kurang tahu, tapi untuk daerah Demak bagus banget..
    @gembel :
    Emang bener koq bos..

    BalasHapus
  9. Dibeberapa tempat "kata temen" axis lumayan bagus.mau nyoba, tapi udah terlanjur make telkomsel flash...

    BalasHapus
  10. @keluarga kicot:
    Axis emang siip banget..

    BalasHapus
  11. ooo gitu ya? pilihan yang smart kalo gitu.....

    BalasHapus
  12. Saya juga tidak tau karena tidak ikut dalam test tersebut, silahkan dibaca posting Mbah Mbelgedez...

    BalasHapus
  13. @suwung:
    Yang milih udah smart Om wung, cuman smart nya aja yang belom smart..
    @sapimoto:
    Aku dah berkunjung ke mbah mbelgedez Om, tapi banyak juga yang beli ternyata speednya tidak sesuai kenyataan.. Di blognya koq ada iklan Smart JUMP yach, saya jadi curiga nich..

    BalasHapus
  14. temen saya dah nyoba tuh lebih parahnya tuh smart gak bisa konek sama sekali..

    BalasHapus
  15. dari ptm saya emg gak minat ama koneksi CDMA mas, dulu pernah pake fren, wes skr gak mau lagi pake cdma buat nge-net.

    BalasHapus
  16. @sandy & pakdejack:
    Tiga hari belakangan ini smart dah cukup kenceng terus..

    BalasHapus
  17. Namanya juga setengah gratis lhe, hehehe
    Rien juga keknya mulai berpikir untuk nambah pilihan lagi, supidi kuotanya jebol terus.. bulan ini malah parah2nya.

    BalasHapus
  18. @Rien:
    Rien mo nyoba nyali rien pake smart, ni dah mulai kenceng koq.. Mudah2an untuk seterusnya, lumayan, gratis.. he..he..

    BalasHapus
  19. Kalau aku malah pake pulsa gprs im3 dng modem Hp n73,lumayan kenceng kq..apalagi kalau lg ngampus pasti hotspotan di unissula.salam kenal om..http://anto84.blogdetik.com

    BalasHapus
  20. @anonim:
    Salam kenal juga.. saya juga kadang pake pulsa gprs indosat selain axis, tapi 4 hari belakangan ini pake smart terus, cos dah lumayan kenceng gak kaya kemaren2..

    BalasHapus
  21. saya juga baru aja make smart, lumayan cepat aksesnya di banding speedy di warnet!! udah mahal, lambatt.

    itung-itung hematlah untuk internet gunakan smart, untuk penting2 aja, saya test online dari jam 6 pagi sampai jam 3 sore, jalan teruss dan wushh. mungkin saya di daerah jadi bebas hambatan yah hehehe (rasain lu yg di kota besar!!)

    perlu di ingat ini jaringan khan menggunakan SIGNAL jadi maklum jika ada halangan, wong lewat kabel aja sering ngadat!!

    kalau tetap ngotot cari yang Lancar, cepat, murah, kayaknya buat aja sendiri deh hehehe....maklumlah namanya HUMAN ndak ada puasnya tetap aja kurang....

    BalasHapus
  22. Namanya aja manusia ya boss, kalo gak gitu gak manusia..lha wong smart sekarang dah lumayan kenceng aja masih dikasih trik supaya kenceng lagi..baca -- SMART : MEMPERCEPAT KONEKSI DENGAN OPENDNS

    BalasHapus
  23. wdh sya jd bgg nih lg mw nebahas smrt yg pke HP or yg pke modem sih?
    koq jd campur ya jd bgg sya bcanya
    btw comment yg udah cba smart jump dunk
    n mw tanya mending yg pascabaya or prabayar
    (mahendra)

    BalasHapus
  24. @mahendra:
    Yang dimaksud modem adalah suatu hardware yang berfungsi untuk melakukan koneksi data internet. Dan fisik modem terdapat dalam beberapa model/bentuk, ada modem dongle (mirip USB Flashdisk yang dicolokkan lewat USB), ada modem yang terintegrasi dengan HP (HP modem - yang dimaksud dalam postingan diatas), modem internal PCI, dan masih banyak yang lain. Jadi yang dimaksud dalam postingan saya diatas adalah modem yang terintegrasi dengan HP Smart Haier D1200P.

    BalasHapus
  25. wah lagi booming skg yah. dulu pernah beli pas awal keluar. belum ada gratis 12 GB. hrgnya msh 498rb, speed memang oke tapi kaga stabil trus pulsanya kaga tahan. 100 rb cuma 333mb.
    itung2 kuota 1GB skg tetap aja mahal (1kb = Rp0.275). jadi setelah 6 bln nanti tuh hp diapain dong?

    BalasHapus
  26. @anonim:
    kan kalo dibandingkan dengan operator lain, untuk sementara ini Smart yang paling murah. Rencana April nanti kan Pemerintah menurunkan tarif internet, moga saja tarif internet di Indonesia terjun bebas dan kualitas jaringannya pun lebih jauh daripada sekarang.

    BalasHapus
  27. mau tanya kalo pake HP nokia misalnya.. trus sim cardnya smart gimana tu?
    thx

    BalasHapus
  28. @aleks:
    Malah lebih bagus bro.. yang penting nokia CDMA nya mendukung frekuensi 1900 MHz, karena Smart berjalan di frekuensi 1900 MHz..

    BalasHapus
  29. Smart... Hebat,Hemat,membingungkan...
    Awalnya saya ga tau memanfaatkan internet gratis Smart ini, paling cuma buka itu2 saja.
    Tapi semua berubah setelah membuat beberapa eksperimen, hasilnya bulan Feb kmrn aku dah dapat kuota 2GB + 5GB(kurang lebih). tanpa merubah setting internet.
    Kemudian bulan Maret cuma dapet 5GB (total).
    Namanya manusia.... ya kurang puas lah...
    Sekarang lg cari cara lain biar bisa dapat gratisan lbh banyak.
    Anyway semua cara dilakukan dengan banyak pengorbanan, jd klo mau tau caranya... gampang sering2 aj berinternetan dengan Smart, siapa tau kejatuhan bulan purnama plus durian.
    Yang paling buat saya kecewa dengan SMART adalah saat kita konek itu aja dah pake data 1MB(kurang lebih, coz ga ngitung).
    Sering2 aja cek saldo *995.
    Satu hal lagi jangan percaya dengan orang2 yang mengatakan ada internet gratis (diluar kuota SMART) dengan cara setting proxy, coz semua itu bohong (i've prove it) apalagi yang disuruh bayar 50rb, it's false. kalo mau tau googling aja "internet gratis smart proxy" disana ada 3 cara, 2 diantaranya bikin pusing (including ahli jaringan).
    sekali lagi klo mau dapat kuota internet tambahan setialah dengan SMART, pasti suatu saat dapat gratisan...
    Ayo bereksperimen.....

    BalasHapus
  30. wah, betul, tuh! smart memang! memang lemot! hehehehe...

    BalasHapus
  31. apapun itu yang namanya koneksi broadband... pastilah bandwith sharing... jadi tergantung : sinyal, traffic, dan hadware yang kita pake bro..

    BalasHapus
  32. @Ku Danil, islamarket.net, Anonim:
    Thx infonya bro..

    BalasHapus
  33. kapan selesai gratisan smartnya?y tepatnya bulan dan tahunnya.moga2 tahun depan.hehe

    BalasHapus
  34. @Anonim:
    Maksudnya promo yang ditawarkan Smart? kalau masalah itu bisa langsung ditanyakan ke outlet Smart telecom di kota anda.. Thx..

    BalasHapus
  35. Ini smart yg mana yg pake modem hp haier itu???
    lmyan kq klo pake browsing n chat, tp jgn brharap cepat utk download! tp dg 2GB / bulan lumayanlah bhkan aq bilang kurang, quota 2Gb aja trkadang g sampe 1 bulan sudah habis aq buat download2 file gede2 lagain komp. drmh jg jarang mati! klo mw bandingin internet murah n cpat coba dnk kasih topik CDMA VS CDMA or GSM VS GSM or 3,5G tercepat n murah!
    aq menantikan SMART 3,5G di SBY kpn launching?

    BalasHapus
  36. ohhh ya ada satu lg nehh INFORMASI buat yg pake smart haier dan yg udah 6 bln (habis gratisannya),
    2 hari yg lalu saya coba hubungi CS smart dan saya menanyakan ttg promo yg udah habis.saya menanyakan ada promo lg g? trnyata pihak smart menjawab isi aja dg pulsa elektrik 50 ribu jangan pulsa gesek dan anda bisa menggunakan internet selama 30 hari tanpa mengurangi pulsa 50 ribu td dan berlaku mulai tgl 1 mei 09. ini informasi yg saya dpt dr CS smart. klo blm prcaya coba hub. CS smart! smoga informasi ini membantu! saya blm mencoba isi pulsa 50 rbu dikarenakan promo saya akan habis akhir bulan mei ini.

    BalasHapus
  37. @Anonim:
    Thx infonya.. Kemarin tanggal 28 April saya juga sempat menghadiri undangan acara launching produk internet Smart unlimited dengan hanya mengisi 50ribu.. Tapi itu hanya untuk masa promosi Mei sampai Juli.. Tapi moga aja Smart memperpanjang masa promosinya tersebut..

    BalasHapus
  38. Gile bener, internetan pake smart bisa bikin darah tinggi, bawaanya ngamuk karna browsingnya luamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeet, itu gambaran mengenai kejengkelan sya tentang smart, mending pake MOBI dari mobile-8, hemat murah, tapi gakk ada grtisanya

    BalasHapus
  39. Hari gini masih cari gratisan.................
    APA KATA DUNIAAAAAAAAAAAAAAA

    BalasHapus
  40. @anonim #1:
    Tapi speed Smart untuk saat ini lumayan cepet koq.. yach cukup untuk browsing, fesbuk, sama download sana sini..

    @anonim #2:
    Solusi agar tetap bisa memanfaatkan teknologi dengan modal minim bro..

    BalasHapus
  41. Ahaaaa BONUS SMART KU UDAH ABIESSS
    T_T
    pdahal enak pake smarttt
    buat MAEN Game Online aj nge lagnya dkit2
    sama kek SpeeDy..
    tpi klo Download maksimal speed hanya 16 Kbps di kompi aq
    ^_^

    BalasHapus
  42. @Anonim:
    Bagi anda yang masa gratisan 12GB nya sudah habis, anda bisa isi ulang 50rb dan dapet gratis akses internet unlimited selama sebulan tanpa mengurangi pulsa anda.. Promo berlaku sampai akhir Juli 2009, tapi semoga saja Smart memperpanjang promo ini..

    BalasHapus
  43. SMART kok ngga SMART....
    koneksi ke server luar negri muluzz bgt...
    nah giliran server indo (kaya Indowebster) langsung kejet-kejet alias ga receive...
    ini masalah di HP/koneksi saya ato memang smart begini yah? ada yang bisa benerin???

    ga bisa maen game online indo deh.... T_T

    BalasHapus
  44. @anonim:
    Mungkin salah satu pembaca ada yang dari pihak Smart dan ingin membantu memberikan jawaban tentang masalah koneksi tersebut?.. Thx..

    BalasHapus
  45. udah nyoba AXIS, hasilnya... di tengah laut kep seribu, nyoba indosat... memble, XL byar pet, 3 apalagi... yang berjaya cuma AXIS, mantabbbb stabilll

    BalasHapus
  46. @anonim:
    Thanks infonya..

    BalasHapus
  47. Gw anto.
    To all,pengen nanya ni..gw djkt dkawasan glodok...
    Gw ckup trgiur dgn hp modem smart..kata tmn gw,bt game online ckup bgs.ga gt nglag...
    Nurt xln gmn??
    Kl smart kurang bgs,..pilihan hrs saya jatuhkn kmn?dgn bujet sktr140rb/bln....
    Pengunaan pd browsing,chat n game online.
    Thx

    BalasHapus
  48. @anto:
    Kalo memang ingin yang agak irit, pake smart sudah cukup..namun jika melihat bugdet anda, pake telkomsel halo unlimited malah lebih bagus, karena speed lebih kenceng (256 kbps - jika penggunaan lebih dari 3GB dibulan tersebut, maka speed diturunkan ke 64 kbps)

    BalasHapus
  49. Kekny pilihan bkal jatuh k smart d1200p,cm tktny bt maen game bkl ngelag ja...
    Bro pernh cb ga maen game ol pake smart???kek rf,audi,dota,crazykart.

    BalasHapus
  50. @anto:
    Game ol yang tak mainin cuma mafia war di facebook..Mungkin ada pembaca lain yang bisa membantu?

    BalasHapus
  51. Mau nambahin info aja, untuk game online khususnya audi telkomsel flash amat sangat not recommended. Lag parah, kadang lg maen tiba2 koneksi putus, tau2 ga bisa login. Ini saya juga lagi nyari2 yang cocok buat maen audi. Dulu sih make smart jump lancar2 aja, kalo starone masih agak ngelag.

    BalasHapus
  52. @Anonim:
    Thx bro atas tambahan infonya..

    BalasHapus
  53. Saran aje dari pengalaman ^^ hingga sekarang masih pake smart d1200p...

    1.Tidak disarankan untuk digunakan maen Game Online, bakal lagggggg & DC...

    2.Kalo buat donlot masih lumayan, ASAL pake software buat bantu donlot (Flashget, IDM, etc).

    3.Buat browsing & chating it's ok.

    4.Isi pulsa 50 rb gratis unlimited internet max 153 kbps, dah 2x isi neh, soalnya quota 2GB buat browsing & donlot game ga cukup ^^.

    Ada ga ya software buat memperlancar smart biar maen game OL ga laggg..kalo ada di share dong ilmunya hehehehe ^^.

    BalasHapus
  54. @Anonim:
    Baca saja 2 postingan saya berikut ini:
    http://www.gratisanboy.co.cc/2009/02/smart-mengatasi-masalah-error-pada.html
    dan
    http://www.gratisanboy.co.cc/2009/02/smart-mempercepat-koneksi-dengan.html

    BalasHapus
  55. Ada yg uda cb pk telkomsl flash bt game online?misal audi,rf ,ck.
    Buat daerah jakarta apa msh ngelag y pk tlkomsl flash bt game.??

    BalasHapus
  56. @Anonim:
    Karena speed koneksi telkomflash tiap daerah berbeda2, saya tidak dapat menjawabnya secara pasti..mungkin ada diantara pembaca dari jakarta yang dapat membantu?..thx..

    BalasHapus
  57. saya pke smart sped'a cukup lumayan..mungkin tergantung lokasi'a juga'yaH...klo dah abis gratisan'a ketik ja *333*1*0 cuma 3000 sehari lumayan dari pda men ke warnet..3000 cuma se jam..klo di smart seharian tuh...
    Thanks smart....

    BalasHapus
  58. adakah yang tau untuk daerah solo smart itu koneksinya cepat atau tidak.... terlebih buat maen game...

    BalasHapus
  59. @networkviolet:
    Thanks infonya bro..

    @qqqqqq:
    Mungkin ada pembaca lain dari Solo yang dapat membantu?..thx..

    BalasHapus
  60. smart sekarang udah mulai pelit lgi,isi pulsa 50rb cuman dapat free internet selama 2 minggu tok...

    BalasHapus
  61. @Anonim:
    Yang bener isi pulsa 50rb gratis internet unlimited 20 hari koq, bukan 2 minggu..thx..

    BalasHapus
  62. membaca komentar2 di atas, aku jadi ragu tuk pake SMART, padahal aku mo beli ni....
    GIMANA BRO .....

    BalasHapus
  63. @Anonim:
    Posting dipublikasikan pada awal Februari 2009, yang kondisinya sangat berbeda dari sekarang..Koneksi internet Smart lebih baik dari dulu, meski kadang putus tapi dapat dimaklumi karena biasanya terjadi pada jam2 sibuk (sama juga dengan kebanyakan provider lain)..
    ctt: Kondisi sinyal di suatu wilayah dan waktu penggunaan juga berpotensi baik buruknya koneksi suatu ISP..Thx..

    BalasHapus
  64. aku gk bisa nulis baik, jsahdkqjwh kqjweh. kqwe.hqkwj ehqwkjeh .qwkjeh .iyr lrhkklrh jkh skdhf ajsdhf aj.sdfh aks.jdfh a.kjdfh. asdhf ajkdhf. kajs.hdf ks.hdf asjd.fh asjkdf.h ak.jfh woi.er weirqlkh .werh.qw kjgjfhak dfh adiy.fo.ier khf fg.a. kfjafhal wri hwhe fyakf adsjfha lks.fuy a.;fgq kjads.fhafh a.kjdfhaiweyr;q hrkwehr erh ajehra fa fa sdfaeratserhfhhdghdfhdfghdfghhfghsert sry tyhs hfjshsfhfghfghdfh gh hhfghdfhdf sth ysysywyshs t sfd shshshhsdfhs fh sywerytq hysgssgsdfg y ryhsdfhs fh sh sya ataetaetre.taertagl;aj.;g a;t. o .tpirt alkhfalkshfd ahklfkahfkajhriukewghrbwebrmqnbrmnqbmnrbmqwbrmnqwbrmnbwmnrbqwm ;je;rjlkwerlkwhrwhrlwhlkrhqlkhrlkqhwrlkqhlkrhwqlrhlwhrlwrsdfsadfasdfklhasdflkhsdklhfasdfasdffasdfasdfasdfa werqwerafgafabrq rtartqrq er aertatagagagagfdgsfdgafdgafgadfgadfgagfgsfdgs tq5tq ujtuoiretjfgjdjdgjdjdjgjdjdhgjdghjdgjdghjdghjdghjdghjhgjkkjy lkjyh hfkjfkjshfdf moga2 kebaca

    BalasHapus
  65. bah, aku di sby maen game online (seal) lancar2 aja tuh pake smart

    BalasHapus
  66. @Anonim:
    Thx atas infonya..

    BalasHapus
  67. http://www.facebook.com/topic.php?uid=21032596883&topic=15748

    BalasHapus
  68. aku ga bs maen SEAL sama sekali pake smart. bahkan uda pake paket ultimate sekalipun. selalu tidak dapat terhubung ke server, bisa masuk kalo jam 2 pagi sampe 11 siang aja. lainnya? cm bisa buka2 web aja. buat buka web kenceng bgt, lgsg tebuka. tp buat maen game online? tidak disarankan --"

    BalasHapus
  69. q maen texas holdem poker lancar2 za bro...aslkan maennya lewat tengah malam sampai jam 9 pagi.. malahan q buka 3 browser buat ngaktifin 3 account fb q.... cobain za.. sekedar pengalaman za kl pake mozila yang q alamin enakan mzla 3 kl yang lainnya kadang pke coneksi smart gx tampil tuh chat nya...

    trus da promo bru dari smart cuman lumayan mahal tp kecepatan nya kayanya menjanjikan yang rp.888rb buat 100 hari... q sich lom cobain ,,, cba za yg punya duit.. ktnya 3.5m ,,, buktiin za dech

    BalasHapus
  70. ssspeed smart ckup bgus kq buat browsing! tp HP_dbwtin kotak dr kayu trus dnaikin k atas Antena TV! hhheee! intrntan pk smart cma 3000 perak sehari! mureh bner brow!

    BalasHapus

gratisanboy mempersilahkan pengunjung menulis komentarnya. Bagi pengunjung umum yang tidak mempunyai blog atau email silahkan pilih anonymous dan pada komentar disertai dengan nama anda. Thanks...