Supported by :   

Minggu, 28 Desember 2008

INDONESIA VS LONDO (BELANDA)

Beberapa hari yang lalu saya kontak dan YM-an dengan seorang teman kecil dan juga teman sekolah yang sekarang sedang kuliah di Netherland (Belanda). Teman yang juga dari Demak ini tinggal di kota Tilburg, Belanda, dan sedang menyelesaikan studi S2 nya disana. Kota Tilburg yang letaknya di daerah perbatasan dengan Belgia tersebut juga sangat dekat (sekitar 30 Km) dengan Kota Breda, kota dimana CD shippit Ubuntu 8.10 dikirimkan. Dia juga pesan CD gratisan tersebut dan sehari setelah pemesanan, CD Ubuntu tersebut sampai di tempatnya di Tilburg. Beda dengan saya yang lebih dari sebulan pemesanan baru sampai ke tangan tuh CD, sampai ngiler nunggunya.

Wah, ternyata kondisi di Belanda bikin ngiler saja. Bayangkan hotspot bergentayangan dimana2. Dimanapun dan kapanpun bisa berinternet ria. Tidak tanggung2 speed bandwithnya sampai 3000 Kbps dan 2000 Kbps untuk download. Gratis lagi. Mau nonton streaming, wuss…, mau download, wuss… juga. Beda dengan saya, yang daerahnya belum terjangkau (nggak bakalan terjangkau, kalee) 3G apalagi HSDPA, dan masih sebagai penggemar setia GPRS (lha wong adanya cuman itu, mau pake speedy gak punya line telpon) yang speednya cuman gak sampai 100 Kbps ditambah bumbu2 disconnect dan ngadat dengan sendirinya (serba otomatis kan?). Mau Blackberry, disana unlimited cuma 20 eur per bulan. Duh aduh, di Londo benar2 bikin ngiler. Bagi para pengangguran, ada insentif dari pemerintah sebesar 1000 eur per bulan (kira2 12-13 juta). Jadi pengangguran saja disana yoo… Tapi orang disana benar2 malu jadi pengangguran. Lebih baik jadi tukang pemungut sampah yang gajinya 1200 eur (kira2 14-15 juta) perbulan! Bandingkan dengan tukang pungut sampah di kampung saya, yang dibayar Rp. 5000 per KK tiap bulan yang total bayarannya 125 ribu! (ada 25 KK X Rp. 5000).
Tapi biaya hidupnya jangan ditanya, harga rokok perbungkusnya 3,5 eur, beras 2 eur per kilo, ayam 5 eur per kilo (beli ayam 4 kilo bisa untuk langganan Blackberry sebulan). Mantap tenann… Apa gini aja ya, kerja disana tapi makannya disini (tanya mbah Maridjan dulu, siapa tahu ia punya ilmu ngilang yang bisa diwariskan). Jangan sekali2 kamu misuh2 bahasa Indonesia atau Jawa di sana (usa, bangijan, dll). Orang Belanda ternyata banyak yang tahu maksudnya lho. Temanku saja ada yang kebablasan misuh2 dan orang sana bilang “Asu in Indonesian is not good”. Blaik kamu! Apalagi di negara yang mayoritas rakyatnya juga doyan sego ini banyak bertebaran warung makan Indonesia. Teman yang jajan di warung sego pun ngoceh gara2 dikasih sedikit, eh nggak taunya bungkusan yang satunya dikasih banyak banget. Nah lho…kapokmu kapan! Tapi nggak apalah, yang penting katanya disana cewek bulenya whayu..whayu tenan.. (apa mau bro sama kamu?)
Bulan2 ini yang lagi musim dingin sampe Februari, sholat subuhnya jam 9 pagi! Bagi anda yang meskipun suka begadang, pasti subuhan terus, dijamin nggak pernah lewat. Kita yang disini nggak pernah begadang saja subuhnya banyak yang lewat! Tapi, meski kehidupan di dunia Londo menggiurkan, apalah artinya kalau jauh dari tanah kelahiran. Lebih baik hujan batu di negeri sendiri daripada hujan emas di negeri orang lain (dengerin tuh, pren, kok kamu pengennya ngembat cewek bule mlulu --- kalau jadi ngembat, cari 2 sisan, 1 buat kamu & 1 buat aku he..he..)…… PORT VERDOMME….. (mbuh artinya apa nggak mudeng, opo Shur?)



13 komentar:

  1. diriku malu kalo jadi orang londo... dulu memeras mbah mbahnya soewoeng.... sekarang makmur ya wajar

    BalasHapus
  2. @suwung
    Apalagi mbah kakungku om wung.. dia lebih malu lagi, soale pas mudane pernah ditolak nonik nonik londo.. dia masih trauma sampe sekarang, apalagi kalo dengar istilah londo, darah tinggine kumat.. Apalagi kalo postingan ini ketahuan mbah kakungku.. Bisa blaik aku om wung..

    BalasHapus
  3. jaman jahiliyah dulu, saya suka mbantingi londo....


    wakakkaa

    BalasHapus
  4. saya suka mithesi semut londo
    yess
    sek kang tak link...super lelet gprs e....doh desoku mau tak pasangi hot spot biar panas

    BalasHapus
  5. @cebong ipiet & rayearth: Sst.. kalo komen jangan kenceng2.. ntar ketahuan mbah kakungku lho..

    BalasHapus
  6. @cebong ipiet & rayearth: Sst.. kalo komen jangan kenceng2.. ntar ketahuan mbah kakungku lho..

    BalasHapus
  7. enak ya di londo sana..
    tapi seenak-enaknya di sana lebih enak di negeri sendiri..

    BalasHapus
  8. @bob
    emang bener om bob.. aku juga gak berminat pergi ke londo (maklum uange cekak..)

    BalasHapus
  9. hahahaha...enak ne...mending jadi tukang2 pungut sampah d sana...hahaha..gajina gedewwwwwwww..wkakkakakk...btw,,nice information..kekna mau kesana ne.heheh...

    BalasHapus
  10. @terrY:
    jangan lupa oleh2nya bro..apa aja yang penting jangan terong belanda..

    BalasHapus
  11. bukannya mikir malah marah-marah , leluhur kita mungkin bodoh tetapi kita kan tidak , apa iya cucu buyutnya juga memang sama.

    BalasHapus
  12. @Anonim:
    Tidak ada maksud untuk membandingkan apakah orang indonesia itu lebih rendah dari orang belanda apa tidak..isi posting yang saya tulis hanya sebatas menuliskan kondisi real di belanda dan indonesia pada saat ini berdasarkan pengalaman teman saya yang kuliah di belanda..thx..

    BalasHapus
  13. hebat ya disana.. hasil 350 tahun menjarah Indonesia.... ck ck ck...

    BalasHapus

gratisanboy mempersilahkan pengunjung menulis komentarnya. Bagi pengunjung umum yang tidak mempunyai blog atau email silahkan pilih anonymous dan pada komentar disertai dengan nama anda. Thanks...