Supported by :   

Selasa, 20 Januari 2009

PANDORA RECOVERY - FILE RECOVERY GRATISAN (PART 1)

Apa yang anda lakukan ketika tidak sengaja menghapus file atau data penting yang belum di backup? Atau mengkin anda secara sengaja menghapus file atau data yang dianggap tidak berguna namun dikemudian hari data yang dihapus tersebut benar2 berguna bagi anda? Tentunya hal yang pertamakali anda lakukan adalah membuka software file recovery. Bagaimana jika dalam komputer anda tidak terinstal software file recovery? Tentunya akan sangat merepotkan bagi anda. Namun anda jangan khawatir untuk mendapatkan software file recovery gratisan, salah satunya adalah Pandora Recovery yang dapat anda download langsung di situs resminya http://www.pandorarecovery.com/

Pandora Recovery hanya berjalan di format NTFS, jadi bagi anda yang hardisk nya masih berformat fat/fat32, bersiap-siaplah untuk kecewa. Sebenarnya ada 4 metode dalam mengembalikan deleted files jika menggunakan software ini. Yang pertama adalah menggunakan metode wizard. Metode ini merupakan metode default ketika anda pertamakali membuka Pandora Recovery setelah terinstal. Dan secara otomatis jendela wizard ini akan terbuka. Metode wizard ini bisa anda nonaktifan jika sekiranya anda tidak suka dengan metode ini.
Metode yang kedua adalah menggunakan metode browse. Metode ini sangat mudah layaknya anda membuka windows explorer dan secara manual mencari dimana letak file atau data sebelum dihapus. Dan metode yang ketiga adalah menggunakan metode search. Metode ini juga mudah untuk dilakukan karena dapat dialkukan secara otomatis, namun kelemahannya adalah jika kita tidak ingat nama file atau data yang dihapus. Sedangkan metode terakhir adalah menggunakan metode surface scan. Metode ini hampir mirip dengan metode search, namun dalam metode ini kita akan diberikan banyak pilihan seperti layaknya kita menggunakan fasilitas search di windows xp. Kita bisa tentukan apakah file yang kita cari format file image, audio, video, atau file2 lainnya.
Dari banyaknya pilihan pencarian deleted files tersebut, anda bebas menentukan metode mana yang paling anda anggap mudah atau nyaman. Deleted files akan ditandai dengan tanda silang merah pada ikon file tersebut. Sedangkan warna biru adalah tanda file yang terkompress dan warna hijau adalah tanda file yang terenskripsi. Jika deleted files yang kita cari ketemu, klik kanan saja file tersebut. Kemudian pilih opsi recover. Maka akan muncul jendela dengan pilihan browse untuk mengembalikan file yang telah terhapus tersebut. Kemudian klik recover now. Maka kembalilah file yang telah anda hapus sebelumnya. Akhirnya anda tidak akan pusing lagi jika di kemudian hari anda menemui masalah serupa. Tanpa bayar lagi. Alias gratis. SELAGI ADA YANG GRATIS, BUAT APA BAYAR?




9 komentar:

  1. lha aku dulu kepartisi ,partisinya yang 3 jadi satu lagi gara gara nyoba linux bisa dibalikin lagi gak ya datanya?

    BalasHapus
  2. Aku juga pernah ngalami kasus kaya gitu, Bos Met.. Tak coba pake File Recovery tetep gak bisa tuh..

    BalasHapus
  3. Saya seringnya lupa nama file, bahkan juga ekstension dari file tersebut.
    Apakah ada opsi seperti pada menu pencarian explorer, dimana pencari bisa memasukkan kalimat yang terdapat dalam file yangs edang dicari?
    Terimakasih untuk informasinya

    BalasHapus
  4. Sama, dengan mas gratisanboy, aku juga begitu

    BalasHapus
  5. @sapimoto:
    Om sapimoto bisa pake metode surface scan..
    @joe:
    Siap boss..

    BalasHapus
  6. saya biasanya gaptek
    untuk kali ini tetep gaptek
    jadi
    biarkan sayah dengan kegaptekanku

    BalasHapus
  7. Seharusnya orang2 yang canggih harus berterimakasih pada orang2 gaptek kaya Om wung.. Klo gak ada orang gaptek, mana mungkin mereka bisa disebut orang canggih.. Hidup Om wung..!!

    BalasHapus
  8. humh . .
    bingung nii .
    udah baca berkalii* teteb gak tau .

    BalasHapus
  9. @epi^^:
    Kamu pasti bisa epii^^...

    BalasHapus

gratisanboy mempersilahkan pengunjung menulis komentarnya. Bagi pengunjung umum yang tidak mempunyai blog atau email silahkan pilih anonymous dan pada komentar disertai dengan nama anda. Thanks...